keuntungan dari menjalankan usaha Franchise

 

Waralaba atau franchise adalah salah satu model bisnis yang sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia. Hal tersebut bukanlah hal yang aneh karena waralaba mendatangkan banyak manfaat untuk pemberi dan penerima waralaba.

Keuntungan dari Menjalankan Usaha Franchise 

Model bisnis apa pun yang dijalankan, tentunya memiliki keunggulan maupun kekurangan masing-masing. Demikian pula dengan bisnis franchise. Namun, kali ini kita hanya akan berfokus pada keuntungannya saja, seperti berikut ini.  

  • Manajemen Bisnis yang telah Terbangun

Berbeda dengan bisnis sendiri, sistem waralaba atau franchise adalah sebuah sistem bisnis yang telah dilengkapi manajemen bisnis yang matang. Pada umumnya, para franchisor membuka bisnis waralabanya bagi yang berminat untuk membeli franchise-nya karena bisnis mereka telah mapan, memiliki pasar yang stabil, serta reputasi yang baik. Otomatis, manajemen maupun strategi bisnisnya hanya tinggal dilanjutkan saja.

  • Risiko Bisnis Lebih Kecil

Franchise adalah jenis investasi yang relatif lebih aman dibandingkan bisnis baru karena mendapat dukungan besar dari perusahaan induk (franchisor) yang jauh lebih besar dan mapan. Strategi bisnisnya pun telah teruji selama bertahun-tahun sehingga efektif untuk menggapai sukses. Sebagian franchisor pun bahkan memberikan pinjaman dana kepada para franchisee mereka.

Karena riwayat kesuksesan dan reputasi yang baik, mengajukan pinjaman untuk modal bisnis franchise ke bank lebih mudah dibandingkan untuk bisnis mandiri. Pihak bank mengetahui bahwa keamanan berinvestasi pada bisnis franchise cukup terjamin sehingga mereka tidak ragu lagi memberikan pinjaman pada para franchisee

  • Brand yang Telah Dikenal Khalayak

Pada umumnya, mayoritas brand franchise adalah brand yang sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat. Merek dagang mereka biasanya telah memiliki konsumen setia serta pasar yang stabil. Oleh karena itu, para franchisee tidak harus berpikir keras lagi untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat. 

Belum lagi, liputan media cetak maupun elektronik yang luas juga dapat membantu proses pemasaran bisnis waralaba di masyarakat.

  • Menjadi Bos bagi Bisnis Sendiri

Usaha franchise adalah usaha yang memungkinkan Anda berperan sebagai bos bagi bisnis Anda sendiri. Dengan bisnis ini, Anda dapat menentukan jadwal kerja yang lebih fleksibel dan memiliki otonomi yang lebih luas dalam karier. Anda bahkan dapat memilih untuk bekerja dari rumah saja karena sebagian perusahaan franchise juga menyediakan pegawai untuk para franchisee-nya.

  • Peluang Sukses yang Lebih Besar

Biasanya, usaha waralaba berpeluang sukses lebih besar dan cepat karena reputasi yang baik pada liputan media dan pasar sekaligus konsumen setia. Dana modal yang harus dikeluarkan pun sudah terukur karena kematangan manajemen serta strategi pemasaran bisnis ini. 


Diberdayakan oleh Blogger.